Hukum Bacaan Mad Iwad dan Contohnya


Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas tentang cabang dari mad far'i, yaitu mad iwad. Secara bahasa mad artinya panjang sedangkan iwad dapat diartikan mengganti. Jadi dapat disimpulkan bahwasannya hukum bacaan mad iwad adalah apabila ada fatkahtain (tanwin) pada akhir kalimat (wakof) maka fatkahtain dibaca menjadi mad thabi'i. Sehingga panjang bacaan mad iwad adalah 2 harokat (2 ketukan).

Hukum mad iwad tidak hanya berlaku pada akhir ayat, atau pada wakof yang telah ditentukan dalam alqur'an. Tetapi juga berlaku ketika kita berhenti membaca ditengah-tengah ayat karena nafas tidak sampai maka jika berhenti ditempat kata yang akhirnya tanwin, maka di ganti menjadi mad thobi'i.

Contoh Mad Iwad.



Contoh Mad Iwad Dalam Ayat Al Qur'an:
PENGECUALIAN...!!! "Hukum mad iwad yang telah di jelaskan diatas, tidak berlaku pada ta marbutah". Karena apabila ta marbutah yang berharokat tanwin berada di akhir kalimat (wakof) maka di baca sukun.

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat untuk kita semua. Silahka memberi kritik dan saran supaya kami bisa mengetahui kekurangan dan memperbaikinya. Sekian dari maz upin. Wasalam

5 komentar untuk "Hukum Bacaan Mad Iwad dan Contohnya"

Posting Komentar