Cara Jamak Qasar Magrib Dan Isya Lengkap

Cara Jamak Qasar Magrib Dan Isya - Assalamualaikum sobat maz upin, kali ini kita akan membahas sedikit tentang ilmu fiqih. Karena sebelumnya kita sudah membahas Bacaan sholat lengkap 5 waktu, Macam-macam shalat sunah rawatib dan bab shalat lainnya. Maka pembahasan fiqih kali ini adalah tata cara jama qasar magrib dan isya.

Menjamak sholat maksudnya adalah mengumpulkan 2 shalat fardu (dzuhur dengan ashar dan magrib dengan isya) dan dilaksanakan dalam satu waktu.

Sedangkan mengqasar shalat adalah meringkas shalat fardhu yang 4 rakaat menjadi 2 rakaat. Shalat yang bisa di qasar adalah shalat Dzuhur, Ashar dan Isya.

Sedangkan yang dimaksud jamak qasar adalah menggabungkan dua shalat fardu dan dilaksanakan dengan meringkas kedua shalat tersebut.

Cara Jamak Qasar Magrib Dan Isya
Cara Jamak Qasar Magrib Dan Isya

Cara Jamak Qasar Magrib Dan Isya

Sebelum melanjutkan cara menjamak qasar magrib dan isya, maka anda perlu membaca Syarat Dibolehkannya Jamak Qasar. Cara menjamak ada 2 yaitu jamak taqdim dan jamak takhir.

A. Cara melakukan jamak taqdim:

Jamak taqdim adalah apabila kamu mengumpulkan kedua shalat di waktu shalat pertama yaitu di waktu shalat magrib. Contoh: anda dalam perjalanan dari jawa ke sumatra dengan naik bus, tetapi karena bus tidak hanya berhenti diwaktu magrib, maka kamu melaksanakan shalat magrib dan isak di waktu magrib.

1)        Berniat salat magrib dengan jamak takdim. Bila dilafalkan yaitu:

أصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا بالعشاء جمع تقديم لله تعالى

” Saya niat salat salat magrib tiga rakaat digabungkan dengan salat isya dengan jamak takdim karena Allah Ta’ala”

2)   Takbiratul ihram

3)   Salat magrib tiga rakaat seperti biasa.

4)   Salam.

5)   Berdiri lagi dan berniat salat yang kedua (asar), jika dilafalkan sebagai berikut;

أُصَلِّي فَرْضَ العشاء أربع رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع المغرب جمع تقديم اَدَاءً للهِ تَعَالى

“ Saya niat salat isya empat rakaat digabungkan dengan salat duhur dengan jamak takdim karena Allah ta’ala.

6)   Takbiratul Ihram

7)   Salat isya empat rakaat seperti biasa.

8)   Salam.

Catatan: Setelah salam pada salat yang pertama (magrib) harus langsung berdiri,tidak boleh diselingi perbuatan atau perkataan misalnya zikir, berdo’a, bercakap-cakap dan lain-lain.

B. Cara melakukan jamak takhir:

Jamak takhir adalah apabila kamu mengumpulkan kedua shalat di waktu shalat yang kedua yaitu di waktu shalat isya. Contoh: anda dalam perjalanan dari sawa ke sumatra dengan naik bus, tetapi karena bus tidak berhenti diwaktu magrib, maka kamu melakukan shalat magrib dan isya di waktu isya.

1)   Diwaktu magrib harus berniat ingin melakukan jamak takhir

2)   Ketika melakukan shalat, berniat menjamak salat magrib dengan jamak ta’khir. Bila dilafalkan yaitu:

أُصَلِّي فَرْضَ المغرب ثلاث رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع العشاء جمع تاخير اَدَاءً للهِ تَعَالى

“ Saya niat salat salat magrib tiga rakaat digabungkan dengan salat ‘isya dengan jamak ta’khir karena Allah Ta’ala”

3)   Takbiratul ihram

4)   Salat magrib tiga rakaat seperti biasa.

5)   Salam.

6)   Berdiri lagi dan berniat salat yang kedua (‘isya), jika dilafalkan sebagai berikut;

أُصَلِّي فَرْضَ العشاء أربع رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع المغرب جمع تاخير اَدَاءً للهِ تَعَالى 

“ Saya berniat salat ‘isya empat rakaat digabungkan dengan salat magrib dengan jamak ta’khir karena Allah Ta’ala.”

7)   Takbiratul Ihram

8)   Salat ‘isya empat rakaat seperti biasa.

9)    Salam.

Catatan: Ketentuan setelah salam pada salat yang pertama sama seperti salat jamak takdim. Untuk menghormati datangnya waktu salat, hendaknya ketika waktu salat pertama sudah tiba, maka orang yang akan menjamak ta’khir, sudah berniat untuk menjamak ta’khir salatnya, walaupun salatnya dilaksanakan pada waktu yang kedua.

C. Cara mengqasar shalat:

Sebelumnya silahkan baca dulu sarat sarat sah mengqasar shalat disini Syarat Dibolehkannya Jamak Qasar. Jika sudah mengetahui syarat diperbolehkannya mengqasar shalat, berikut ini cara mengqasar shalat: 

Cara mengqasar shalat adalah seperti shalat dua rakaat. Tanpa tahiyatul awal. Niatya adalah sebagai berikut:

اُصَلِّى فَرْضَ اْلعِشَاءِ قَصْرَامَأْمُوْمًا \ اِمَامٌا لِلّهِ تَعَالَى

Catatan: shalat fardu yang boleh di qasar hanya shalat yang 4 rakaat. Sedangkan magrib dan subuh tidakbisa di qasar.

D. Cara menjamak sekaligus mengqasar shalat isya dan magrib:

Caranya adalah seperti cara menjamak shalat diatas, baik jamak taqdim ataupun jamak takhir. Hanya saja shalat isya nya diringkas menjadi 2 rakaat. Ketika melakukan shalat magrib, niatnya sama dengan diatas. Tetappi ketika melakukan shalat isya,  maka niatnya ditambah dengan lafad qasran. Seperti berikut:

اُصَلِّى فَرْضَ اْلعِشَاءِ قَصْرَا مَجْمُوْعًا مَعَ اْلمَغْرِبِ جَمْعَ تَقْدِيْمٍ مَأْمُوْمًا \ اِمَامٌا لِلّهِ تَعَالَى

Nah itulah sedikit tentang cara jamak qasar magrib dan isya. Silahkan baca juga Cara Jamak Qasar Dzuhur Dan Ashar. Sekian dari mazupin, semoga membantu dan menambah wawasan kita terhadap ilmu fiqih.

4 komentar untuk "Cara Jamak Qasar Magrib Dan Isya Lengkap"

  1. Maaf saya masih ragu ini pak..apa bedanya jamak dan qashar ya.. atau sama saja... kalo jamak taqdim dan jamak takbir kan rakaatnya gak diringkas sama sekali ya..cuman dikerjakan disalah satu waktu ya pak...mohon pencerahannya.. soalnya kata ibu mertua saya.. kalo jamak itu.. semisal sholatnya di waktu maghrib.. maghrib tetep 3 rakaat..isya'nya diringkas jd 2 rakaat... sedangkan diatas td dijelaskan pula klo jamak taqdim dan takbir rakaatnya utuh..jd yang mana ya pak ya yang seharusnya dikerjakan..yg salah satunya diringkas atau yang utuh rakaatnya.jazakumullah khairan katsiiran pak..terima kasih

    BalasHapus
  2. Maaf saya masih ragu ini pak..apa bedanya jamak dan qashar ya.. atau sama saja... kalo jamak taqdim dan jamak takbir kan rakaatnya gak diringkas sama sekali ya..cuman dikerjakan disalah satu waktu ya pak...mohon pencerahannya.. soalnya kata ibu mertua saya.. kalo jamak itu.. semisal sholatnya di waktu maghrib.. maghrib tetep 3 rakaat..isya'nya diringkas jd 2 rakaat... sedangkan diatas td dijelaskan pula klo jamak taqdim dan takbir rakaatnya utuh..jd yang mana ya pak ya yang seharusnya dikerjakan..yg salah satunya diringkas atau yang utuh rakaatnya.jazakumullah khairan katsiiran pak..terima kasih

    BalasHapus
  3. Maaf saya masih ragu ini pak..apa bedanya jamak dan qashar ya.. atau sama saja... kalo jamak taqdim dan jamak takbir kan rakaatnya gak diringkas sama sekali ya..cuman dikerjakan disalah satu waktu ya pak...mohon pencerahannya.. soalnya kata ibu mertua saya.. kalo jamak itu.. semisal sholatnya di waktu maghrib.. maghrib tetep 3 rakaat..isya'nya diringkas jd 2 rakaat... sedangkan diatas td dijelaskan pula klo jamak taqdim dan takbir rakaatnya utuh..jd yang mana ya pak ya yang seharusnya dikerjakan..yg salah satunya diringkas atau yang utuh rakaatnya.jazakumullah khairan katsiiran pak..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kya'x jamak qassar yg anda mksd kalau jumlah'x di kurangi ... kalau taqdim dan takhir memang utuh jumlah rakaat'x ... semoga ada yg lebih tahu yg bisa menambahkan ...

      Hapus

Posting Komentar