Tata Cara, Praktek dan Bacaan Doa Shalat Hajat Lengkap

Tata Cara, Praktek dan Bacaan Doa Shalat Hajat Lengkap – Sahabat Islami setiap manusia pasti memiliki keinginan dan kebutuhan di dalam dunia ini.Biasanya keinginan manusia tidak ada batasannya,selalu ada di setiap saat.bahkan dari hal kecil sampai hal terbesar
Sahabat islami,bagi orang-orang yang beriman,tentunya segala keinginannya selain akan di lakukan dalam bentuk usaha tentunya akan di sertai dengan do’a dan memohon kepada ALLAH SWT.Salah satunya adalah  mengetahui keutamaan dan keajaiban shalat hajat yang sangat menakjubkan.
Tata Cara, Praktek dan Bacaan Doa Shalat Hajat Lengkap

Praktek dan Bacaan Doa Shalat Hajat


Shalat Hajatadalah shalat Sunnah yang dikerjakan karena seseorang mempunyai maksud dan keinginan tertentu supaya Allah SWT mengabulkannya melalui shalat hajat kita. Shalat Hajat dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal adalah 12 rakaat.Sahabat Islami,pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tata cara shalat hajat 4 rakaat.
Baca juga :

Waktu Shalat Hajat
Shalat Hajat ini bisa dilakukan kapan saja asalkan tidak pada waktu-waktu  yang dilarang untuk melakukan shalat.Akan tetapi menurut ulama waku yang paling baik dalam melaksanakan sholat hajat adalah saat 1/3 malam terakhir yakni sekitar tengah malam (jam 02.00).
Bacaan dan Tata cara melaksanakan Sholat Hajat:
Bacaan Niat Sholat Hajat adalah sebagai berikut :
“ Ushalliisunnatal haajati rak’aataini lllahi ta’aala.”
Artinya : “ Aku berniat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah ta’ala.
Tata Cara Sholat Hajat :
Sebenarnya pelaksanaan Sholat Hajat sama dengan sholat fardhu,yang membedakan adalah bacaan niat dan jumlah rakaatnya.tiap dua rakaat dilakukan salam.
  1. Membaca Do’a Iftitah
  2. Rakaat pertama sesudah membaca surat Al-fatihah,kemudian membaca ayat kursi.
  3. Rakaat kedua sesudah membaca surat Al-fatihah,kemudian membaca surat  Al-Ikhlas.
  4. Jika sudah selesai mengerjakan sebanyak 4 rakaat maka dilanjutkan membaca do’a sholat Hajat.

Do’a Sholat Hajat:
Setelah selesai Sholat Hajat dianjurkan membaca istigfar 100x
Astaghfirullahal ‘adziim… alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi

atau membaca istigfar berikut:

Astagfirullaha rabbi min kulli dzanbin wa atuubu ilaiih.

Selesai membaca istigfar lalu membaca shalawat nabi 100x, yakni:
Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridhar ridhaa.

Lalu kemudian membaca do’a dibawah ini :
“Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul ‘arsyil‘azhiim.Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin.As `aluka muujibaati rohmatika wa‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin.Laa tada’lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.”

 Artinya : ”Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap kebaikan. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”


Itulah tadi artikel tentang tata cara, praktek dan bacaan doa shalat hajat lengkap Sahabat Islami semoga dengan kita mengerjakan sholat hajat ini,kita selalu mendapat ampunan dan ridho Allah SWT,serta dikabulkan segala keinginan kita.Amin…

1 komentar untuk "Tata Cara, Praktek dan Bacaan Doa Shalat Hajat Lengkap"

  1. Artikel yang bagus.
    Jangan lupa kunjungi www.refiza.com
    Ada banyak souvenir cantik untuk pengajian, haji, pernikahan.

    BalasHapus

Posting Komentar