Cara Mengaktifkan dan Setting Hyperterminal di Windows 7

Cara Mengaktifkan Hyperterminal di Windows 7Sahabat, HyperTerminal merupakan sebuah program aplikasi yang berfungsi untuk komunikasi data antara komputer/laptop dengan dunia luar melalui serial comport atau TCP/IP winsock.Program ini telah ditawarkan sebagai bagian dari sistem operasi Microsoft sejak peluncuran Windows 98 sampai dengan Windows XP. Namun sayangnya kita tidak menemukannya pada Windows vista, 7, ataupun win-8, padahal bagi sebagian orang khususnya programer masih dibutuhkan aplikasi hyperterminal ini.Hyper Terminal digunakan untuk komunikasi data melalui serial comport atau TCP/IP winsock.
Cara Aktifkan Hyperterminal di Windows 7

HyperTerminal memungkinkan anda untuk menggunakan jalur telepon standar membuat koneksi dialup antara dua komputer.Program ini akan memanfaatkan modem internal dari host atau komputer utama dan menggunakan layanan seperti Telnet untuk membuat sambungan ke komputer sekunder. Sambungan ini dapat dimanfaatkan untuk mentransfer data dan file dari satu sistem ke yang lainnya, tanpa perlu menyimpan data untuk beberapa jenis perangkat luar dan kemudian memuat data secara manual ke sistem lainnya.

Bersama dengan membuat transfer data antara dua komputer proses yang relatif mudah, HyperTerminal juga memungkinkan sistem utama untuk mengakses dan memanfaatkan layanan halaman pemberitahuan yang terletak di sistem kedua.Program ini juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah masalah dengan modem, atau membantu untuk memastikan modem yang baru dipasang berfungsi dengan benar.

Untungnya ada cara yang mudah untuk mengaktifkan atau menampilkan Hyper terminal di windows 7, caranya yaitu kita tinggal masuk ke komputer yang masih memakai OS Windows XP, kemudian Copy 2 (dua) buah file yang berhubungan dengan hyper terminal yaitu
hypertrm.exe dan hypertrm.dll

Cara Setting Hyperterminal Di Windows 7

• Lokasi ke dua filehyper terminal di Windows XP adalah :
1. C:\Program Files\Windows NT\hypertrm.exe
2. C:\WINDOWS\system32\hypertrm.dll
• Copy dan Paste 2 file tersebut ke komputer Windows 7, ( buat folder baru dan paste 2 file tersebut )
• Untuk menjalankan Hyper Terminal, Eksekusi (dobel klik) file hypertrm.exe
• Kalau tidak ada komputer dengan OS Windows XP, saya sudah siapkan dua buah file tersebut, filenya bisa
didownloaddisini
Ada sedikit kekurangan yaitu tidak tampilnya icon, tapi menurut saya itu tidak masalah karena secara fungsi bekerja dengan normal dan tidak ada masalah.Demikianlah cara mengaktifkan hyperterminal di windows 7 semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengaktifkan dan Setting Hyperterminal di Windows 7"