Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar 2016

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar 2016 - Membuat surat lamaran pekerjaan adalah langkah awal yang harus dilakukan secara cermat dan sesempurna mungkin saat anda ingin menyalonkan diri untuk turut serta dalam sebuah perusahaan ataupun lembaga yang menyediakan lowongan pekerjaan. Bahkan untuk menjadi seorang perawat, CPNS, dan juga pegawai Bank pun harus menggunakan yang namanya surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan memang bisa dikatakan sangat umum dikalangan masyarakat bahkan menjadi salah satu materi pelajaran dlama bahasa Indonesia tingkat SMA. 

Contoh surat lamaran kerja yang sopan sangat perlu sekali namun demikian ada berbagai macam hal yang harus diperhitungkan dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan entah itu penyusunan kalimat, gaya bahasa serta penulisan yang harus kita cermati agar menimbulkan kesan baik bagi mereka yang membacanya. Kebanyang kan bagaimana jika kita membuat surat lamaran dengan asal-asalan, mungkin pihak HRD dalam suatu perusahaaan tempat dimana kita mengajukan surat lamaran akan menganggap kita kurang profesional dan dilewatkan begitu saja.

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar 2016 dengan mengingat sangat di butuhkan maka peluang pekerjaan sekarang ini bisa dikatakan minim dengan jumlah pesaing yang cukup banyak menjadikan kita harus lebih kreatif dan jeli mulai dari hal-hal kecil semisal membuat surat lamaran pekerjaan. Nah bagi anda yang ingin melamar pekerjaan disuatu tempat, berikut ini kami akan memberikan tips-tips bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar beserta contoh kongkritnya.

Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar 2016
Contoh surat lamaran kerja

  1. Menggunakan gaya bahasa sopan yang baik dan benarTulislah surat lamaran anda dengan susunan kalimat yang baik dan benar dan bahasa yang sopan jangan sampai anda mencampurkan gaya bahasa gaul yang tidak formal dan tidak pantas untuk dicantumkan
  2. Menulis dengan rapiSebagian perusahaan biasanya menghendaki penulisan surat lamaran pekerjaan yang ditulis dengan tangan, karena dengan begitu mereka bisa menilai kepribadian orang tersebut apakah cocok untuk bergabung dengan perusahaannya atau tidak. Bagi anda yang menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan usahakan untuk menulisnya dengan rapi tanpa noda atau coretan dalam kertas lamaran kerja anda.
  3. Lengkapi dengan sertifikat yang anda punyaJika anda pernah bekerja sebelumnya atau memiliki sertifikat-sertifikat yang menunjukkan kemampuan dan bakat anda, maka anda bisa melampirkannya sebagai pendukung dan penambah kriteria plus dalam diri anda. Dengan demikian pihak HRD akan tergugah untuk mempertimbangkan anda.
  4. Lengkapi semua syarat yang diminta dari perusahaanIni yang terpenting dalam sebuah lamaran pekerjaan, anda harus melengkapi semua syarat-syarat yang diminta oleh pihak perusahaan.

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar


Surabaya , 13 januari 2016

Hal           : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 1 berkas ( tergantung jumlah berkas yang ada di lamaran )

Kepada    : Yth. Kepala bagian personalia
                  PT. mazupin.blogspot.com
                  jalan kunyit no 5 surabaya
                  di tempat


Dengan hormat

Saya yang bertanda tangan :
Nama                         : Aji fauzi.
Tempat tanggal lahir : Lamongan, 18 mei 1989.
Pendidikan terakhir   : Smk N 1 Surabaya jurusan mesin industri.
Status                         : Belum Kawin.
Alamat                       : Jln. kacang ijo no 5 surabaya.
no HP                         : 08912345678.
Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu bersama surat ini saya lampirkan.

1. Daftar riwayat hidup.
2. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir.
3. Fotocopy SKCK dari kepolisian.
4. Fotocopy Kartu identitas.
5. Surat pengalaman kerja.( bila ada )
6. Pas foto ukuran 4x6 .

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Besar harapan saya dapat diterima bekerja diperusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan waktu yang di berikan saya ucapkan banyak terima kasih.



Hormat saya

( tanda tangan )

Maz Upin
Surabaya , 15 januari 2016

Hal           : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 1 berkas ( tergantung jumlah berkas yang ada dilamaran )

Kepada    : Yth. Kepala bagian personalia
                  PT. mazupin.blogspot.com
                  jalan kunyit no 5 surabaya
                  di tempat


Dengan hormat
Berdasarkan iklan yang di muat di situs lebihhidup.com tanggal 13 april 2013 yang isinya menyatakan bahwa PT lebih hidup dot com membuka lowongan untuk tenaga produksi maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:
 Nama                         :Abdul kholik.
Tempat tanggal lahir : Jakarta, 20 mei 1988.
Pendidikan terakhir   : Smk N 1 Jakarta jurusan mesin perkakas.
Status                         : Belum Kawin.
Alamat                       : Jln. suramadu no 3 jakarta.
no HP                         : 081345123789.
Bermaksud mengajukan lamaran pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu bersama ini saya lampirkan.

1. Daftar riwayat hidup.
2. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir.
3. Fotocopy SKCK dari kepolisian.
4. Fotocopy Kartu identitas.
5. Surat pengalaman kerja.( bila ada )
6. Pas foto ukuran 4x6 .
Demikian lamaran ini saya ajukan besar harapan saya dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian yang diberikan saya ucapakan terima kasih.


Hormat saya

( tanda tangan )

Abdul Maz Upin
.
Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia
PT. Mazupin.blogspot.com
Jl. Panglima Cahaya Utama No. 30
Bogor

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Lentera Jaya Bagus yang saya dapatkan dari harian Radar Bogor pada tanggal 10 September 2015. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Lentera Jaya Bagus.

Berikut ini adalah biodata singkat saya
Nama                         : Mohamad Arifin
Tempat / tgl. lahir      : Tokyo, 14 Juni 1994
Pendidikan Terakhir  : S1 Manajemen Informatika
Alamat                       : Jl. Nakazawo Cifor No. 16, Bogor
Telepon (HP)             : 085266668888

Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :
Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Ijazah S1
Foto Copy Transkrip Nilai
Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
Foto 3x4 yang terbaru
Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.


Hormat Saya,

Mohamad Arifin

Demikian ulasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar beserta contohnya yang bisa anda jadikan referensi jitu dalam melamar pekerjaan. Semoga berhasil dan salam sukses untuk kita semua!

6 komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar 2016"

  1. pak kalau surat lamaran pakai bahasa inggris apakah sama saja dengan diatas? dengar2 sih kalau bikin lamaran pakai bahasa inggris beda lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kalau memang mempunyai kemampuan berbahasa inggris dengan baik,,, ya sebaiknya menggunakan lamaran berbahasa inggris.. hehe

      Hapus
  2. Terima kasih sample lamaran kerjanya mas,kebetulan saya lagi mau buat surat lamaran,

    BalasHapus
  3. Terima kasih Mas contoh surat lamaran kerjanya. Sangat berguna dan mempermudah pekerjaan saya. Sekali lagi terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Irfan Maulana sama-sama, saya ucapkan semoga anda diberikan kesuksesan selalu dalam memulai pekerjaan anda, terimakasih sudah memberikan komentar dengan baik

      Hapus

Posting Komentar