Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Paling Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja - Apakah saat ini kamu membuthkan pekerjaan? dan apakah kamu menemukan informasi pekerjaan? jika iya, maka segeralah untuk membuat surat lamaran sebelum terlambat. Karena saat ini ribuat bahkan jutaan orang pengangguran yang sedang mencari pekerjaan. Lalu mau tunggu apa lagi? atau mungkin kamu sedang bermasalah dengan cara membuat surat lamaran? hehe

Oke, langsung saja. Kali ini Maz Upin akan berbagi contoh surat lamaran kerja yang baik beserta cara dan tips-tips membuatnya. Karena banyaknya orang yang mencari pekerjaan, otomatis pesaing kamu untuk melamar pekerjaan tersebut juga banyak. Jadi kamu harus memulai dengan surat lamaran yang baik untuk meyakinkan perusahaan yang kamu inginkan.
Contoh Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran kerja yang baik adalah langkah awal sebagai pembuktian bahwa kamu adalah calon pegawai yang diinginkan oleh perusahaan. Jadi, mulailah membuat surat lamaran yang terlihat istimewa tetapi tetap natural. Untuk cara membuat surat lamaran kerja yang formal kamu harus memperhatikan beberapa aspek.

Bahasa Yang Benar
Sangat diwajibkan bagi kamu yang ingin menulis surat lamaran untuk menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar. Dan hindari menggunakan bahasa daerah.

Kalimat Yang Sopan
Gunakan susunan kalimat yang baik, natural dan sopan, jangan terkesan mengada-ada. Karena dari sini dapat membaca karakter kamu.

Menulis Tangan
Sebagian besar perusahaan menyukai surat lamaran yang ditulis dengan manual (tulis tangan). Karena dari sini bisa terlihat rapi tidaknya hasil kerja kamu.

Lampirkan Syarat yang Dibutuhkan Perusahaan
Selanjutnya kamu harus melengkapi syarat-syarat yang diminta perussahaan. Jika kamu mempunyai sertifikat atau bukti keahlian yang dapat mendukung tugas kerja kamu juga bisa di lampirkan.

Kemudian mulailah membuat surat lamaran yang terdiri dari bagian pembukaan, bagian isi dan bagian penutup.

  1. Bagian Pembuka: Bagian pembuka berisi tentang data dan informasi tentang perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan
  2. Bagian Isi: Bagian ini merupakan data dan informasi tentang kamu yang ingin melamar pekerjaan berupa; kesanggupan menerima tugas, biodata kamu dan rekam jejak jika ada.
  3. Bagian Penutup: Untuk bagian penutup ini berisi tentang harapan kamu dan uncapan terimakasih.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik

Itulah cara atau langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja. Jika kamu masih bingung dengan penjelasan saya, langsung saja lihat contohnya dibawah ini

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia 
PT. Sembarang
Jl. Tirto Joyo No 56
Madiun

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Sembarang yang saya dapatkan dari Harian Infolive pada tgl 23 Januari 2016. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Manager Utama dengan kode (MU) di perusahaan PT. Sembarang.

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama                      : Maz Upin
Tempat / tgl. lahir       : Madiun, 12 Maret 2016
Pendidikan Terakhir       : S2 Manajemen Informatika
Alamat                    : Jl Ronojayan Timur No 18
Telepon (HP)              : 081234xxxxxx
Status                    : Jomblo

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dan bahasa jepang dengan baik. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S2
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.


Hormat saya,

Maz Upin

Tidak ada komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Paling Baik dan Benar"