Cara Membuat Miniatur Vespa Dari Kaleng Bekas

Cara Membuat Miniatur Vespa Dari Kaleng Bekas - Hallo sobat Upin dimanapun kalian berada. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tutorial pembuatan miniatur vespa. Mengingat pada kesempatan sebelunya kita sudah memberi tutorial dari berbagai miniatur, dari miniatur rumah, miniatur bus, miniatur kapal dan miniatur - miniatur lainnya.

Sebenarnya bahan yang digunakan untuk membuat miniatur vespa ini beragam. Ada yang dibuat dari korek bekas, ada yang dibuat dari kardus, sendok dan lain-lain. Nah.. insyaallah kita akan membahasnya dilain waktu.

Cara Membuat Miniatur Vespa Dari Kaleng Bekas ini sebenarnya tidak hanya menggunakan bahan kaleng bekas, hanya saja berbahan dara kaleng bekas. Oleh karena itu di namakan mniatur vespa kaleng. 

Okelah, langsung saja mari kita memulai pembahasan. Silahkan siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Kemudian ikuti langkah demi langkah di bawah ini.
Miniatur Vespa Dari Kaleng Bekas
Cara Membuat Miniatur Vespa Dari Kaleng Bekas

Cara Membuat Miniatur Vespa Dari Kaleng Bekas

Bahan Yang Diperlukan Membuat Miniatur Vespa

1. Kaleng Bekas
2. Tutup Botol Bekas
3. Busa
4. Kawat / Kawat Alumunium
5. Isolatip Hitam

Alat Yang Dibutuhkan Membuat Miniatur Vespa

1. Tang
2. Pisau Carter
3. Gunting
4. Penggaris
5. lem Tembak
6. Amplas

Langkah - langkah Pembuatan Miniatur Vespa

1. Langkah pertama adalah memotong kaleng bekas menjadi 2 bagian. Bagian pertama adalah bagan pinggir kaleng dan bagian kedua adalah bagian atas dan bawah kalen (yang berbentuk Bulat).

2. Untuk potongan kaleng yang berbentuk bundar, silahkan rapikan bagian tepinya sehingga terlihat rapi. Kemudian ukur dan gunting menjadi berbentuk seperti ini.


3. Untuk kaleng yang bagian tepi, silahkan potong berbentuk persegi panjang. Kemudian beri solatip di bagian pnggirnya. Persis seperti contoh  berikut.

4. Langkah selanjutnya adalah menyatukan antara potongan di nomor 2 dan potongan di 3 diatas menjadi bagian belakang vespa. Seperti gambar berikut

5. Setelah bagian belakang vespa sudah jadi, kemudian buat bagian depan vespa. Cara pembuatannya sama dengan bagian belakang tadi. Tetapi ukuruannya lebih di perkecil. Seperti ini

6. Jika bagian belakang dan bagian depan sudah jadi, sekarang saatnya penggabungan sehingga menjadi bentuk vespa yang utuh. Untuk menggabungkan antara bagian depan dan belakang vespa, silahkan potong kaleng menjadi persegi panjang dengan ukuran menyesuaikan dengan bentuk belakang yang kamu buat tadi. 

7. Setelah menyatukan bagian belakang vespa dengan kaleng tersebut, bentuklah menjadi badan vespa dengan menggunakan penggaris. Begini caranya

8. Selanjutnya adalah  menggabungkan bagian depan vespa yang sudah di buat tadi sehingga menjadi miniatur vespa yang utuh.

9. Untuk membuat kerangka menjadi kuat, kemudian potong kawat alumunium dan bentuk sesuai kerangka vespa ya gaes. berikut gambarnya

10. Kemudian buat stang vespa dengan menggunakan kawat gaes, bentuknya kurang lebih kayak gini ya.

11. Kemudian satukan dua kawat untuk kerangka dan kawat untuk stang. Untuk menyatukannya, kamu bisa melilitkan menggunakan potongan kaleng kemudian di beri lem.

12. Setelah kerangka dan stang disatukan, sekarang silahkan dipasang dibody vespa kemudian beri lem ya gaes.

13. Selanjutnya, membuat jok vespa nya gaes. Bahannya kamu bisa mengguakan bagian atas kaleng yang ada tutupnya. Silahkan di potong menjadi kayak gini gaes

14. Selanjutnya membuat ban vespa gaes. Bahannya menggunakan tutup botol ya gaes, untuk caranya silahkan gabungkan 2 tutup botol menjadi ban. Jadi untuk ban depan dan ban belakang vespa kamu membutuhkan 4 tutup botol ya gaes. Kemudian lubangi dan beri kawat alumunium. sehingga jadinya kayak gini.

15. Langkah selanjutnya, pasang ban vepas di bagian bawah vespa ya gaes. Gunakan lem untuk merekatkannya. Ow iya, untuk jok vespa silahkan di pasang juga.

16. Terakhir adalah membuat lampu vespa nya gaes. Caranya mudah. Kamu cukup memotong gabus menjdai bulat, kemudian lapisi dengan kaleng sehingga menjadi bulat seperti lampu vespa asli. Kemudian keratkan di bagian depan vespa ya gaes. Berikut gambarnya


Akhirnya, miniatus vespa dari kaleng bekas pun sudah jadi gaes. Bagaimana? mudah bukan? semoga dapat membantu ya gaes. Sekian dari Maz Upin. Selamat mencoba ya

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Miniatur Vespa Dari Kaleng Bekas"